“Ekspor Indonesia kalah dengan negara negara tetangga” Presiden Joko Widodo.

Diambil dari status Facebook mas Samian “Ekspor Indonesia kalah dengan negara negara tetangga”
Presiden Joko Widodo.

Saran saya pak, pemerintah aktif turun ke lapangan. Didata semua UKM dan pengusaha lokalnya. Beri pelatihan cara produksi yg benar dan modern, cara scale up produksi dan cara branding, beri bantuan pinjaman modal, beri latihan pemasaran dan penjualan, beri pelatihan bahasa, bebaskan bea masuk dan pajak untuk mesin2 industri dan pengolahan, beri pembebasan pajak sementara dan tax refund ekspor, dirikan inkubator bisnis tiap kabupaten. Dalam lima tahun ini konsisten dikerjakan, Insya Allah akan berkembang. Angka 8% pertumbuhan ekonomi bukan mustahil. Bapak kan pengusaha juga, tentu tahu permasalahan dan solusi dilapangan. Bapak bilang juga dana nya ada waktu kampanye dulu. Insya Allah bisa pak. Kami mendukung dan mendoakan.

Bapak kan dekat dengan negara China, adopsi lah ilmu ilmu nya yang bagus dan proven. Datangkan guru2 dari sana. Atau kirim orang kita kesana. Jangan gengsi gak mau belajar, akhirnya kita mundur kalau malu belajar. Tarik semua ilmuwan kita diluar. Apresiasi dan berikan lahan buat mereka berkembang di tanah air. Kita ini hebat, hanya kurang koordinasi saja antar lini.

Jangan lupa tagih juga janji si Jepang dulu yang katanya mau bantu industri otomotif kita. Jangan cuma keruk hasil penjualannya saja dan duitnya dibawa pulang ke sana. Tiru itu Proton dan Perodua Malaysia. Industri otomotif nya sdh berkembang, Pertamina kirim ke Petronas atau Shell, gimana cara menjadi top 10 world class oil company. Jangan malu walaupun dulu Petronas pernah belajar ke Pertamina saat awal berdiri.

Ingat pak, yg membuat neraca keuangan njomplang jauh itu bukan kami importir kecil. Kami ini cuma sebutir debu di padang pasir. Tapi itu, yg beli pesawat ratusan biji dan nilai nya triliun an. Itu yg membuat tdk balance saldo dan menjadikan utang negara jadi banyak. Belum lagi industri otomotif yg tiap bulan ratusan ribu unit.

Banyak masukan sebenarnya untuk bapak. Tak doakan sehat pak.

Iklan

Tentang ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
Pos ini dipublikasikan di BISNIS dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s