Asosiasi Hipnoterapi yang dipersiapkan untuk diakui Pemerintah Indonesia (Kementerian Kesehatan)

Sejarah terbentuknya PRAHIPTI:

IBH sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan sejak tahun 2010 dan kemudian menjadi mitra di bawah payung Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional sejak tahun 2011.

Dalam perkembangannya, IBH menjadi asosiasi rujukan yang dapat mengeluarkan Surat Rekomendasi untuk pengurusan ijin praktek hipnoterapi di Sudinkes Kota/Kabupaten dalam bentuk STPT (Surat Tanda Penyehat Tradisional).

Namun pada tahun 2016, seiring diterbitkannya Permenkes No. 61 Tahun 2016 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional yang memperkuat PP No. 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional, Dityankestrad mulai membenahi tata cara yankes di bawah naungannya.

Keluarlah Surat Edaran yang menyatakan bahwa semua asosiasi harus melengkapi aspek legalitasnya.

IBH memiliki kendala dalam melengkapi persyaratan legalitas salah duanya karena namanya yang masih menggunakan bahasa Inggris sehingga tidak dapat dikukuhkan melalui SK Kemenkumham dan struktur keanggotaannya yang lebih bersifat terpusat karena dirancang sebagai lembaga sertifikasi.

Dalam upaya proses pembenahan yang memang memakan waktu, kami memperoleh kabar dari Kementerian Kesehatan adanya asosiasi lain yang berusaha masuk dan menggantikan IBH.

Sebagai pionir dan secara de-facto memiliki anggota terdaftar paling banyak yaitu lebih dari 20ribu orang, Kementerian Kesehatan memberi kesempatan IBH untuk beraudiensi dan melaporkan perkembangannya.

Pada bulan Januari 2018, Kami berempat anggota IBH:
– Sydney Panjiagung
– dr. Mardi Susanto, SpKJ (K)
– Ferdiansyah Setiadi (Ferdians)
– Juli Sugianto menghadap Direktur Yankestrad beserta jajarannya di Kemenkes (Lt.5)

Pada pertemuan tersebut, disepakati pembentukan sebuah wadah baru yang lebih profesional dan terstruktur untuk membina dan menata para praktisi hipnosis yang selama ini bernaung di IBH maupun tidak.

Wadah ini harus kami ajukan kepada Kementerian Kesehatan dalam waktu sangat singkat. Kami hanya diberi waktu 2 minggu – 1 bulan.

Sesuai amanat agar wadah tersebut mencerminkan kerjasama lintas profesi, kami kemudian mengajak pula ibu Dian Kurniati SPsi, Psikolog untuk bergabung dalam tim pembentuk agar memenuhi syarat awal pembentukan organisasi yang dipersyaratkan oleh Notaris dan Kemenkumham.

Karena syarat pembentukan organisasi di tahapan notaris/kemenkumham sudah harus ditentukan posisi-posisi kunci, diantara kami kemudian sepakat secara bulat untuk mengangkat dr. Mardi Susanto, SpKJ (K) sebagai Ketua Umum PRAHIPTI yang pertama karena keahlian dan senioritas beliau.

Lalu terbentuklah AD/ART, struktur organisasi, dan kelengkapan lainnya harus dilakukan dalam 2 minggu :D.

Pada bulan Februari 2018 proposal sudah kami ajukan dan di dalamnya memuat calon pengurus awal.

Beberapa hari yang lalu kami menerima surat undangan audiensi dari Kementerian Kesehatan yang mengundang tiga lembaga untuk menghadiri audiensi yaitu IBH, PRAHIPTI, dan PKHI.

Agenda utamanya kemungkinan besar adalah penentuan organisasi mana yang akan ditunjuk secara resmi oleh Kementerian Kesehatan karena sebelumnya mereka sudah menekankan untuk hanya menunjuk 1 organisasi saja dan memberikan opsi melebur kepada organisasi yang tidak ditunjuk.

*****
Mari sama sama meneruskan Perjuangan IBH agar dapat terus menjadi Mitra KEMENKES Melalui PRAHIPTI… 👌

Info WA GROUPS PRAHIPTI

DISHARE ULANG OLEH ILYAS AFSOH – HIPNOTERAPIS IBH INDONESIA TINGGAL DI SEMARANG – 0821.4150.2649

Tentang ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
Pos ini dipublikasikan di hipnoterapi dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.