Submodality : NLP Desember 2014 Workshop

Submodality merupakan kualitas dari suatu modality [V-A-K], contoh pembahasan VAK ada di Modalitas NLP, bahwa modalitas NLP memiliki perbedaan yang lebih spesifik antara satu individu dengan individu lainnya dalam memberikan arti atas suatu pengalaman (dunia eksternal).

Ada individu yang merespon kejadian dominan di indera penglihatannya, misalnya ketika peserta pelatihan NLP masuk ke dalam ruangan maka ia akan memperhatikan keadaan sekeliling, ada berapa kursi di ruangan, meja, lcd yang dipakai merk nya apa, papan board, flipchart, terangnya lampu ruangan, desain interior, mungkin juga desain keramik lantai atau karpet yang melapisi, termasuk warna tembok apakah cerah atau pekat.

Sementara itu, peserta workshop NLP yang lain akan cenderung fokus pada suara yang didengar, mungkin kerasnya lagu di ruangan, riuhnya suara peserta training NLP yang saling berkenalan, cepatnya nada suara, atau mungkin keheningan karena suara sound system belum diaktifkan. Pengalaman seperti ini sangat familiar bagi individu yang dominan Auditori.

Dan individu yang kuat di kinestetik, ketika memasuki ruangan ia tidak dapat menyembunyikan perasaan bahagianya, keceriaan wajahnya, berjalan mengitari ruangan, duduk di kursi, melepas sepatu dan menempelkan kaki di lantai yang dingin, merasakan dinginnya ruangan sambil menghirup segarnya pengharum ruangan tiap 10 detik.

Ada yang hanya melibatkan satu VAKOG saja beserta submodality, melibatkan bagian spesifik dari modality sebagaimana yang saya contohkan di atas, ada juga yang melibatkan semuanya sebagai kesengajaan melatihkan VAKOG dalam melatih sensory acuity.

Pengalaman dari masing-masing orang dengan kualitas submodality yang berbeda-beda selanjutnya dikodekan secara berbeda ke dalam masing-masing peta internal (internal map) individu. Membahas submodality tentu tak lepas dari representational system.

Submodality ini yang kemudian dikembangkan menjadi teknik-teknik NLP yang mengagumkan seperti mengatasi phobia, trauma, mengubah emosi, mengubah state (re0map), mengubah makna dari sebuah kejadian dan teknik-teknik NLP yang dibahas pada artikel NLP selanjutnya.

Bagi Praktisi NLP : Edit Submodality tentu sangat familiar sebagai salah satu teknik cepat untuk melakukan perubahan baik diri sendiri maupun orang lain. Maka berlatih mengubah submodality menjadi wajib sampai seorang praktisi menjadi ahli dalam mengelola submodality [Re-Map, Map Across, eliciting Sub-Modality, Critical Driver, Contrastive Analisys, Assosiate atau Dissociate.

Hanya menuliskan atau membaca saja tentang sub-modality tentu kurang memuaskan Individu yang dominan Kinestetik, karena itu saat di kelas sertifikasi NLP, saya langsung meminta peserta yang dominan Kinestetik untuk langsung praktek mengubah / edit submodilty dari pengalaman yang dialaminya dan memintanya memberikan penjelasan setelah praktek langsung.

ILYAS AFSOH
MASTER TRAINER NNLP
0896 1065 9643

Pendafatarn Sertifikasi Neo NLP Practitioner – Master Neo NLP Practitioner – Trainer Neo NLP : silahkan kontak manajeman IA Institute di 0896.1065.9643 [Tri], 0821.4150.2649 [Simpati], 024.700.450.78 [flexy].

Iklan

Tentang ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
Pos ini dipublikasikan di NLP dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Submodality : NLP Desember 2014 Workshop

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Ilyas…

    Setiap pengalaman yang baru tentu memberi rasa berbeda kepada setiap orang sehingga bisa memikirkan satu tarikan yang bakal diterima atau sebaliknya. Manusia bisa menjadi lebih kreatif apabila wujudnya pembelajaran kontekstual dan konstrustif yang mampu mengubah persepsi mereka di kemudian hari.

    Semoga sukses dan diredhai Allah SWT. šŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s