Menulis itu sederhana

Menulis itu sederhana, seserhana menuliskan catatan hutang Anda di warung Rujak Cingur atau Warung Nasi Pecel Suroboyo yang Anda temui di ujung gang tempat Kontrakan Anda.
“Aku Bercanda”.

Iya, ilyas_afsoh bercanda menuliskan catatan hutang di warung pojok gang, karena apabila Anda tinggal di komplek perumahan elite, jangan harap Anda temukan penjual Rujak Cingur yang berbentuk warung sederhana dengan petis spesialnya.

Baiklah, ilyas-afsoh akan serius menuliskan tentang cara menulis dengan sederhana,
Untuk memulai tulisan Anda, mulai dengan rasa kangen. contohnya rasa kangen kepada kampung halaman tempat Sampeyan dilahirkan, maka tulislah tentang makanan Rujak Cingur Suroboya yang lezat, dengan judul : Kerinduan ini Terobati sudah.

.

Contoh memulainya seperti ini :

Terobati sudah rasa kangenku ini ketika aku menyantap Rujak Cingur Suroboyo seharga Rp 8.000 per porsi. Meskipun aku tidak bisa pulang ke Surabaya, bisa menyantap rujak cingur ini merupakan kenikmatan yang tiada tara.
Lalu, aku bertanya pada penjualnya, “Mengapa namanya Surabaya?, apakah penjualnya atau nama makanannya?”
dan Penjualnya menjawab , ” Dua-duanya dari Surabaya, baik makanan dan Orangnya,”.

.

Untuk menulis, ya menulis saja, biar saja orang mengkritik eyd Anda salah, atau tata bahasa Anda tak karuan, Atau mereka mengira Anda bukan orang  sekolahan, ahhh… sudahlah abaikan. satu yang pasti : menulis itu sederhana, sesederhana istri Anda yang menyapu lantai rumah sedangkan Anda menuliskan kalimat ini di blog wordpress,.

=====

Dalam kesederhanaan menulis, jangan dibuat sulit oleh aturan-aturan yang hanya ditemui di bangku-bangku kuliah, seandainya memang ada peraturan seperti itu. Aku tidak pernah tahu pasti tentang standarisasi menulis itu,
sebab pernah aku mengikuti workshop “Menuli sBuku Best Seller” bersama OOM Frans (Frans M Royan) : yang diajarkan adalah menulis saja,
Menulis dengan metode Rumus DA VINDI, Rumus 10-8-4-2 atau apalah, bagiku menulis itu sederhana.

,

Menulis dengan gaya berbeda bisa Anda lakukan, seperti yang dilakukan pengerang best seller yang demi menulis menyewa Ruko, lalu pergi pulang menulis  di Ruko tersebut. Tanyakan kepada Abdurrahman el sirazi.

.

Tepatnya, menulis kesederhanaan juga bisa menjadi pilihan yang lain dalam menulis. Mengutip kata-kata ” Jadilah dirimu sendiri”, bisa dipraktekkan dengan jadilah dirimu sendiri dalam gaya kepenulisanmu yang sederhana. Tidak peduli tulisanmu itu offline atau online. Entah tulisanmu dalam bentuk buku atau dalam format pdf yang disimpan dalam CD yang dikomersilkan dengan segala macam cara marketing.

.

Menulis secara sederhana bisa dilakukan dengan menulis secara terus ternag tanpa kebohongan atau bahasa yang berbunga-bunga, ijinkan saya menyebutnya  :  Menulis dengan Telanjang.

aha!!!!
Anda baru saja mendapatkan cara baru dalam menulis,yaitu menulis dengan telanjang, seperti yang saya praktekkan. Untuk memaknai menulis dengan Telanjang (MDT) : silahkan Anda gunakan kejeniusan anda dalam memanfaatkan keilmuan atau keterbatasan pengetahuan bahwa mungkin saja saya menulis tulisan ini dalm keadaan telanjang.
Tetapi bukan itu yang saya maksudkan, maksud saya adalah menulis secara sederhana dengan lugas dan terus terang tanpa kebohongan.

yupz!!!!
Menulis dengan Telanjang (MdT) apabila kita bahas dari sudut pandang apapun akanterasa menarik dan kesimpulanyang didapatkan akan mengarah kepada judul tulisan di atas : Menulis itu sederhana.
Seperti puisi lokal yang pernah saya tulis :


Hidup ini sederhana,
Menulis juga sederhana,
hidup ini Mudah, Menulis juga mudah
semudah membalikkan telapak tangan
.

,

Para penulis yang ada, yang sekarang tulisannya berserakan di gramedia, uranus, togamas, dan toko buku lain : adalah penulis yang berdedikasi dan meluangkan waktu dan tenaga serta pikiran untuk menulis dengan sederhana.

ILYAS AFSOH | 088 1296 3105 | 024 700 450 78 |
http://www.ilyasf.tk | ilyasnk3s@plasa.com |


Iklan

Tentang ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
Pos ini dipublikasikan di MENULIS dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Menulis itu sederhana

  1. David berkata:

    Tips yang bagus, Afsoh

    Suka

  2. kasio berkata:

    menurut anda mungkin sederhana tapi mungkin elegant buat orang lain

    Suka

  3. Yusuf Al-hijrah berkata:

    sederhana bukan berarti mudah… mudah yg membuat sederhana

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s