Warga desa Tenaru Driyorejo Gresik : Panen Padi

sebuah judul yang panjang oleh ILYAS AFSOH, S.T. Warga Tenaru gang Buntu RT 12/ 04

a. BUlan Juli ini, kami warga desa Tenaru: Panen padi untuk yang kedua kali, panen padi, hal ini terjadi karena para warga nekat membendung kali tengah, yang kabarnya kali tersebut tercemar limbah Industri. Jadi air buangan limbah mengalir ke sawah : zat-zatnya yang mungkin berbahaya tersedot oleh padi. Untuk pencemaran dan penanganan limbah sudah disuarakan PosKo Ijo asuhan pak Prigi Anak Bambe, namun entah mengapa sekarang: ilyas tidak pernah mendengar teriakan Prigi, baik melalui radio atau sebuah Baliho, spanduk gede, dsb.

b. Apabila dianalisis dengan benar, sebenarnya sawah di tenaru apabila digarap dengan serius, akan menghasilkan hasil yang dahsyat, terbukti para warga yang Berebut menggarap tanah desa, melalui tulisan ini: ilyas tidak bermaksud menulis kurang maksimalnya manajemen Perangkat desa Tenaru terhadap para warganya.

* Jalan tembus menuju sawah, hancur diterjang banjir, namun seruan petugas desa untuk kerja bakti : tidak ada. Jalan tersebut ada di depan sawah Pak Ngatmiin yang keseharian juga menjadi Satpam Titani.

c. Sawah warga TENARU AKAN TERKENA PROYEK TOL MOJOKERTO SUROBOYO, namun kesan yang saya dapat: tidak ada keberpihakan terhadap Warga Desa Tenaru, Kesannya: Ada kelompok yang mencoba mengail di air keruh, dengan memanfaatkan Proyek Tol ini demi keuntungan pribadi di atas ketidak pastian nasib harga ganti RUGI RUGI RUGI BUAT WARGA TENARU.

D. bERKALI-KALI NEGOSIASI, buntu. Dalam proyek tol ini, tanah yang sudah sebagai mata pencaharian hanya diganti sesuai NJOP yang dikalikan yang tidak seberapa, yang UANG HASIL GANTI RUGI RUGI RUGI TERSEBUT HANYA CUKUP BUAT MAKAN BERAPA HARI ????

TENTU BERBEDA APABILA TANAH ITU TIDAK KENA PROYEK TOL, maka warga tenaru bisa dengan damai menggarap sawah. Ya Menggarap sawah tinggalan para orang tua, Tanah tersebut bisa dijadikan sebab turunnya Rizki ALLAH melalui olahan tanah sawah, bercocok tanam Padi.

Apabila tanah itu jadi terkena Proyek Tol, Memang ada uang pengganti, Tetapi apakah uang itu bisa diberdayakan oleh Petani sederhana yang tinggal di desa, yang kemampuannya hanya mencangkul dan membalik tanah, ???

SEMOGA TULISAN INI, BUKAN PROVOKASI YANG MENGUNDANG POLEMIK BERLEBIHAN

Tulisan ini, semoga menjadi Penggugah bagi Investor Jalan Tol untuk lebih bijak menggarap proyek bisnisnya, Wahai Tuan Investor Jalan Tol SUMO (surabaya-mojokerto) saya berharap Ada hal (keputusan yang lebih manusiawi)

=======

YTH. Bapak Bupati Gresik,

Kemanakah warga Tenaru ini mencari keadilan, kami sadar Kami Yang memilih Anda sehingga Anda menjadi Pemimpin Kami, Kami tahu & Percaya Anda sangat Amanah,

Berpihaklah dengan Adil, Saya percaya Anda ingat kisah Gubernur Amer bin As saat pemerintahan Kholifah Umar Bin Khattab, Sebuah Kisah Penggusuran Rumah Yahudi Untuk membangun Masjid Bagi Gubernur Amer Bin AS, DAN YANG MENANG ADALAH KEADILAN  BAGI YAHUDI…. alangkah indahnya ajaran Islam.

d. Dan, sawah-sawah yang tidak terkena proyek Tol, sebagian telah dijual ahli waris, dijual kepada Investor ” kabarnya Chinese”, Kenyataan ini membuat warga Tenaru yang agraris bergeser, bergeser dari tata nilai Masyarakat Petani Agamis menjadi Masyarakat Insdustrialis yang berhitung : UNTUNG APA RUGI, semoga prediksi ini salah, karena masih banyak rekan-rekankaryawan yang baik hati bershodaqoh saat gajian mingguan di hari Sabtu.

e. Apabila berbicara Tenaru, sebuah desa kecil di Jawa timur saja, sudah begini Ruwet, lalu bagaimana dengan Negara yang begini Luas??? . Keunikan Tenaru ada pada Obrolan Warung yang senantiasa menarik, ANDAI ANDA SEMPAT: MAMPIRLAH DI WARUNG BANG OBLEK, pengusaha warung kopi, tambal ban, potong rambut, ASYIK NGOBROL DI SANA.

f. ANDAI jtv, butuh inspirasi obrolan warga desa, meliputlah di obrolan warung bang Oblek

 

ILYAS AFSOH | 088 1296 3105 | @ MENULIS TENTANG TENARU, desa kelahiranku

Iklan

Tentang ILYAS AFSOH

SURABAYA NLP HIPNOTIS HIPNOTERAPI PUBLIC SPEAKING MOTIVATOR INTERNET MARKETING COACH
Pos ini dipublikasikan di SOSIAL dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Warga desa Tenaru Driyorejo Gresik : Panen Padi

  1. Awaludin berkata:

    Semoga Bapak Bupati dapat memberi jalan keluar terbaik.mungkin sekarang kendala bagi ke2nya,nilai ganti rugi yang belum sesuai ya mas? Semoga masalah ini dapat selesai dengan jalan keluar terbaik..amiin.

    Disukai oleh 1 orang

  2. ILYAS AFSOH berkata:

    Kabar yang saya dapat saat ini di tahun 2016 bulan nopember, warga desa Tenaru telah mendaftarkan dan menerima penjualan sawahnya untuk tol.

    bagi yang menjual agak trakhir
    mendapat harga yang sangat besar dibanding warga yang keburu menjual sebelum tahun 2016.

    Silakan cek ke kantor kepala desa Tenaru untuk info lebih lengkap

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s